Selasa, 26 Maret 2013

Do’s and Don’ts Ketika Hidup Menumpang


Tarolah kalian orang yang hidup menumpang di rumah orang lain, misalnya kalian mahasiswa KKN yang tinggal menumpang di rumah kepala desa seperti yang terjadi dengan saya sekarang, atau kalian anak rantau yang tinggal di rumah kerabat, atau mungkin kalian pengantin baru yang masih numpang di rumah mertua. Jadi di rumah itu kalian tidak hidup sendirian. Rame-rame dan tentunya sangat kompleks. Apalagi kalo di tempat itu ada orang tuanya, orang dewasa yang sudah punya banyak pengalaman hidup dan sangat memegang nilai serta norma-norma, wetss. 
Berikut ada beberapa tips yang baik dan tidak baik dilakukan saat hidup menumpang.

Do’s:
1.       Labelin Barang-Barang
Ya, secara yang tinggal di rumah itu bukan kamu sendiri apalagi kalo sekamar rame-rame, biar barang-barangnya tidak tertukar dengan yang lain, ada baiknya barang pribadi dikasi label nama kamu atau tanda apa gitu. Atau misalnya kamu simpen es krim di kulkas, trus kamu gak mau ada orang yang ngambil es krimmu, kan tinggal di tulis di label saja lalu tempel deh di kemasan es krimnya. Kalau perlu odol, sabun, dan shampoo kamu labelin juga.

2.       Beres-Beres Rumah
Menumpang atau tidak, beberes rumah hukumnya wajib. Nah, beres-beres rumah ini penting supaya tempat tinggal kamu bersih dan rapih. Tapi untuk yang tinggal menumpang, ada manfaat lainnya yaitu memberi kesan yang baik bagi si tuan rumah. Jadi kamu turut berpartisipasi di dalam rumah itu. Jangan sampai tuan rumah komentar, “Ruang depan kotor sekali.” Padahal ruang depan itu tempat nongkrongmu. Aarrghh.. di mana malumu?

3.       Bangun Pagi
Bangun pagi penting sekali apalagi untuk yang cewe-cewe. Bangun pagi ini juga berkorelasi dengan poin ke dua. Coba kalau kamu bangun siang, pekerjaan beres-beres rumah dan buat sarapan sudah dilakukan oleh pemilik rumah tanpa adanya bantuan kamu. Jadi kamu bangun tidur langsung makan aja gitu. Bisa ketelan gak nasinya? Jangan sampai tuan rumah berpikir kamu seperti parasit yang taunya cuma makan dan tidur saja. Ooohh nooo..

4.       Jangan Pelit
Poin terakhir ini agak-agak paradoks dengan poin pertama sih. Kalau segalanya kamu labelin, kesannya pelit aja gitu kan? Ya jangan kamu labelin semua juga. Kalau kamu punya tumpukan harta (baca: camilan) di kamar, saat orang-orang ngumpul di ruang tengah kamu keluarkanlah perbekalan itu dan tawarkan ke orang-orang. Atau kalau kamu habis dari jalan-jalan, bawa pulang martabak buat orang rumah juga oke banget. Atau mungkin kamu punya ilmu yang bermanfaat yang bisa kamu bagikan, membantu anak tuan rumah kerja PR sungguh sangat mulia. Apalagi kalau anaknya asyik dan kamu ngajarnya baik, bisa dikenalin kamu ke teman-temannya, dapat jodoh deh.

Don’ts :
1.       Jadi Makhluk Nocturnal
Tau nocturnal kan? Itu lho, yang aktivitasnya di malam hari kayak tarsius, burung hantu, kelelawar, hansip, satpam, dan maling. Jadi saat penghuni rumah yang lain tidur, kamu bangun. Dan saat yang lain bangun, kamu baru mau tidur. Ya gak apa-apa sih, asal tengah malam itu kamu produktif. Jadi kamu beres-beres rumahnya tengah malam, trus menjelang subuh sebelum tidur kamu buat sarapan buat orang rumah. Tentu kamu akan tampak seperti pahlawan misterius bagi orang rumah. Itu juga kalo kamu tampak. Kamu kan jarang ketemu sama penghuni rumah yang lain. Jangan sampai saking gak pernahnya ketemu sama yang lain, sekalinya kamu muncul kamu akan dikira orang asing yang main masuk rumah aja lalu diteriaki maling. Padahal kamu pahlawan misterius itu kan.. kasihan.

2.       Ngumpet di Kamar
Ini mirip-mirip sama poin sebelumnya. Tapi kamu ngumpet kamarnya setelah beres-beres. Jadi pagi-pagi kamu sudah bantu beberes dan memasak, setelah itu kamu masuk kamar. Selesai yang lain makan, kamu keluar kamar lagi buat cuci piring, trus masuk kamar lagi. Pokoknya nanti ada pekerjaan baru kamu keluar kamar. Kamu ngumpet di kamar saat yang lain ngumpul ngobrol-ngobrol. Kamu ngumpet di kamar saat yang lain makan-makan enak. Kamu ngumpet di kamar saat ada pangeran yang datang. Aggrhh.. pahlawan tanpa tanda jasa banget kamu ini. Tapi karena itu kamu jadi kurang bersosialisasi, bisa-bisa yang lain tersinggung karena kamu mengeksklusifkan diri di dalam kamar.

3.       Lupa Tutup Pintu Kamar
Kamu anak yang asik. Kamu akrab dengan penghuni rumah yang lain. Tapi kamu suka lupa tutup pintu kamar. Kan nyamuk bisa masuk kamar kamu.. oke, fokusnya bukan ke nyamuk. Sebelum pintu kamar kamu terbuka lebar, lihat dulu penampaknnya. Bagus kalau kamar kamu wangi, bersih, rapih. Tapi kalau sebaliknya? Pakaian kamu berhamburan, rambut rontok kamu bertebaran di lantai, bau yang tidak senonoh menguar dari kamar kamu.  Kalaupun kamar kamu rapih, bersih, dan wangi, tetap pastikan pintu kamar tertutup. Siapa tau tanpa sadar kamu tidur sambil bermanuver, jadi gaya tidur kamu ekstrem, iler berceceran, tangan kamu bersarang di mana tauk, dan pakaian kamu terbang. Orang yang melintas depan kamar kamu akan melihat dengan jelas semua aib itu. Jatuh deh pasaran kamu. 

Itu saja dulu tips dari saya. Ini adalah hasil evaluasi saya selama satu bulan lebih KKN. Semoga bermanfaat buat penumpang-penumpang angkot tempat tinggal yang lain. Semoga semua cepat hidup mandiri di rumah sendiri tentunya. Amiin. Oiya, kalau masih ada yang mau ditambahkan silakan dikomentari ya.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Tapi nda copas lho ya. Buat sendiri 100% itu. Kalau kukirim ke mbdc mungkin bisa lolos jadi salah satu penulis artikel mbdc ya nda?

      Hapus
  2. haaaaah... hampir semua yang jeleknya ada di saya neh... hiks... harus berubah ya... huhu sulit... tapi akan di coba... tulisannya sangat mengisnpirasi dan mengena di hati hahay XP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Saya juga. Soalnya selalu ada yg bantu sy buat habiskan sabun, shampo, dan odolku.

      Hapus